Rabu, 09 Mei 2012

Evaluasi Pendidikan


EVALUASI PENDIDIKAN DI SEKOLAH/MADRASAH
Oleh: Muhammad Nuruddin, S.Pd.I
(Kel. Bani aqrobuddin Kaliyoso Kendal)
alamat: Mojosari Sedan Rembang

I.         Pendahuluan
Secara formal, pendidikan diselengarakan di sekolah. Hal itu sering dikenal dengan pengajaran dimana proses belajar mengajar yang melibatkan banyak factor baik pengajar, pelajar, bahan/materi, fasilitas maupun lingkungan. Pengajaran dilaksanakan tidak hanya untuk kesenangan atau bersifat mekanis saja tetapi mempunyai misi atau tujuan bersama. Dalam usaha untuk mencapai misi dan tujuan itu perlu diketahui apakah usaha yang dialakukan sudah sesuai dengan tujuan? Jika iya, sudah sejauh mana ditempuh? Apakah anak didiknya engalami kemunduran didalam belajar atau peningkatan, dan kalau mengalami kemunduran apakah penyebabnya?
Oleh karena timbulnya pertanyaan-pertabyaan itu,maka dari itulah kami menyajikan beberapa hal tentang salah satu teknik dan alat penilaian yang dapat digunakan dalam penilaian terhadap anak didik, baik itu tentang kemampuan belajar, sikap, keterampilan, sifat, bakat, minat dan kepribadian. Adapun teknik yang akan dijelaskan dalam makalah ini adalah teknik nontes. Salah satu teknik yang sangat membantu dalam penilaian terhadap hal-hal yang bersangkutan dengan siswa.
Kemampuan    dalam  merencanakan  dan  melaksanakan  proses pembelajaran  dan melakukan evaluasi merupakan  faktor  utama  dalam  mencapai  tujuan  pembelajaran. Keterampilan  Guru  sebagai  pendidik  mengandung  arti  yang  sangat luas,  tidak  sebatas memberikan bahan-bahan pengajaran  tetapi menjangkau etika dan estetika perilaku dalam menghadapi tantangan kehidupan di masyarakat.  Guru  merupakan  sumber belajar yang mengembangkan kurrikulum, menyelenggrakan pendidikan dan mengevaluasi hasil pembelajaran yang telah berjalan.[1], sehingga seorang guru haruslah profesional dan berkompeten dibidangnya. Realitas ini harus diakui sebagai keharusan karena masyarakat modern dan terbuka hanya menerima para profesional dalam bidang masing-masing, termasuk dalam pendidikan.

selanjutnya silahkan klik link dibawah ini :
http://www.ziddu.com/download/19351708/2.EVALUASIPENDIDIKANDISEKOLAH.docx.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar