BISA DOWNLOAD FULL SELENGKAPNYA DI:
http://www.ziddu.com/download/19351989/KREDITASIDALAMUAPAYAPENINGKATANKUALITASPENDIDIKAN.docx.html
AKREDITASI
DALAM UAPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN
I.
Latar Belakang
Akreditasi
adalah salah satu Usaha tuntutan pembaharuan sistem pendidikan untuk mencapai
sekolah yang berkualitas, di antaranya pembaharuan kurikulum, yaitu
diversifikasi kurikulum untuk melayani peserta didik dan potensi daerah yang
beragam, diversifikasi jenis pendidikan yang dilakukan secara profesional,
penyusunan standar kompetensi tamatan yang berlaku secara nasional dan daerah
menyesuaikan dengan kondisi setempat; penyusunan standar kualifikasi pendidik
yang sesuai dengan tuntutan pelaksanaan tugas secara profesional; penyusunan
standar pendanaan pendidikan untuk setiap satuan pendidikan sesuai
prinsip-prinsip pemerataan dan keadilan; dan pelaksanaan manajemen pendidikan
berbasis sekolah; serta penyelenggaraan pendidikan dengan sistem terbuka dan
multimakna. Pembaharuan sistem pendidikan juga meliputi penghapusan
diskriminasi antara pendidikan yang dikelola pemerintah dan pendidikan yang
dikelola masyarakat, serta pembedaan antara pendidikan keagamaan dan pendidikan
umum.[1]
Pembaharuan
sistem pendidikan nasional dilakukan untuk memperbaharui visi, misi, dan
strategi pembangunan pendidikan nasional. Pendidikan nasional mempunyai visi
terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa
untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia berkembang menjadi manusia
yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang
selalu berubah
Mengingat, salah satu permasalahan
pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya kualitas
pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, khususnya pendidikan
dasar dan menengah. Berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan mutu
pendidikan nasional, misalnya dengan pengembangan kurikulum, peningkatan mutu
guru, perbaikan sarana pendidikan, pengadaan buku dan alat peraga, serta
peningkatan mutu manajemen madrasah. Namun demikian, berbagai indikator mutu
pendidikan belum menunjukkan peningkatan yang berarti. Sebagian sekolah atau
madrasah memang telah menunjukkan peningkatan mutu pendidikan yang cukup
mengembirakan, namun pada umumnya, sebagian besar lainnya masih memprihatinkan.
II.
Pembahasan
A.
Akreditasi
1.
Pengertian Akreditasi
Secara istilah akreditasi diartikan
sebagai satu proses penilaian kualitas dengan menggunakan kriteria baku mutu
yang ditetapkan dan bersifat terbuka.[2]
Dalam konteks akreditasi madrasah,
dapat diberikan pengertian sebagai suatu proses penilaian kualitas madrasah,
baik negeri maupun swasta, dengan memberikan dan menggunakan kriteria baku mutu
yang ditetapkan pemerintah atau lembaga akreditasi, dan hasil dari penilaian
tersebut selanjutnya dijadikan dasar untuk memelihara dan meningkatkan kualitas
penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan lembaga yang bersangkutan.
2.
Tujuan dan Fungsi Akreditasi
Dalam akreditasi madrasah maupun
sekolah memiliki tujuan-tujuan dan fungsi sebagai berikut:[3]
Tujuan akreditasi madrasah adalah
untuk memperoleh gambaran keadaan kinerja madrasah dan untuk menentukan tingkat
kelayakan suatu madrasah dalam menyelenggarakan pendidikan, sebgai dasar yang
dapat digunakan sebagai alat pembinaan dan pengembangan, dalam rangka
peningkatan mutu pendidikan di madrasah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar